Rabu, 19 Februari 2014

MEMBUAT BLOG


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh pyra labs sebelum akhirnya pyralab diakuisisi oleh google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.


Jenis-jenis blog
Blog politik: tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye).
Blog pribadi: disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
Blog bertopik: blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: lebih dikenal sebagai litblog (literary blog).

Blog perjalanan: fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog mode: lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Blog riset: persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (blog laws).
Blog media: berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Blog agama: membahas tentang agama
Blog pendidikan: biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (spam blog)
Blog virus (virus): digunakan untuk merusak

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MEMBUAT BLOG
Keuntungan:
  • Media penghilang rasa stress
  • Meningkatkan partisipasi pembaca blog anda
  • Membangun komunitas
  • Sumber penghasilan
  • Media mendapatkan teman baru
  • Menambah sifat kreatif seseorang
  • Mendapatkan pahala jika blog tersebut berisikan hal-hal positive


Kerugian
  • Waktu dan tenaga tersita
  • Blog bisa memunculkan coment abu-abu (tidak jelas ) 
  • Blog bisa berisikan hal-hal yang bersifat negatif
  • Menimbulkan rasa ketergantungan
  • Mendapatkan dosa jika blog tersebut berisikan hal-hal negative
Cara membuat blog
Mungkin teman-teman sedang kebingungan bagaimana cara membuat blog yang mudah dan gratis, apakah karena tugas sekolah yang diharuskan murid-muridnya mempunyai blog. Walau saya terhitung blogger baru tapi saya coba membuat postingan cara membuat blog yang diharapkan bisa menjadi referensi buat saya sendiri ketika ada kawan yang bertanya "bagaimana cara buat blog ?"
Cara membuat blog
Masuk ke blogger (blogger.com) platform blog yang jadi salah satu blog pilihan blogger indonesia terutama buat yang baru belajar seperti saya.
Blogger.com sudah di akusisi oleh google jadi langkah pertama dalam membuat blog di blogspot ialah kita wajib untuk memiliki akun gmail sebagai email yang digunakan untu daftar di blogger.com. Walaupun sebenarnya bisa menggunakan email lain tapi percaya deh mending make gmail dari awal.


Cara membuat email di gmail
Daftar gmail gratis buka www.accounts.google.com lalu klik di pojok kanan atas create an account atau buat akun bottom yang berwarna merah

Tinggal isi data data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal lahir , password dan lain-lain.
Biasanya dalam membuat email di gmail kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi usahakan masukan nomor handphone yang bisa dikirimin sms dari google untuk verifikasi.
Setelah email di gmail dibuat baru kita bisa melanjutkan ke step 2 membuat blog.


Setelah membuat email di gmail sekarang saatnya daftar di www.blogger.com
Buka www.blogger.com lalu masukkan pasword anda di sandi email

Setelah itu sobat akan dibawa ke tampila selanjutnya, sobat tinggal klik buat blog baru
Nanti akan ada menu melayang seperti gambar dibawah ini. Isikan judul dan alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan sobat, dan apabila sudah diisi alamat blognya maka nanti ada tulisan dibawahnya alamat blog ini tersedia, kalau tidak sobat bisa mengganti nama blog yang lainnya seperti namablog999 atau terserah sobat. Nah, apabila sudah kini tinggal memilih template atau tampilan blog, pilih sesuai selera sobat. Untuk template bisa dirubah lagi jadi pilih kalau merasa tidak ada yang bagus, pilih sembarang saja.

Setelah selesai, selamat blog sobat sudah jadi, tinggal klik mulai mengeposkan untuk membuat artikel terbaru bagi blog sobat atau klik gambar pensilnya.

Nanti akan tampil tampilan selanjutnya, tinggal ikuti sesuai petunjuknya karena sama dengan menulis di ms.word, setelah selesai membuat artikel tinggal klik publikasikan

Itulah langkah-langkah mengenai cara membuat blog gratis dan mudah di blogspot. Semoga tulisan ini bisa membantu sobat yang mau membuat blog gratis dan bisa mempunyai blog di blogspot

0 komentar:

Posting Komentar