Sabtu, 08 Februari 2014

BERBAGAI LAYANAN YANG ADA DI INTERNET

Media Internet merupakan gerbang informasi dan komunikasi yang sangat luas. Artinya semua pelayanan yang ada di internet dapat diakses setiap manusia yang ada di belahan dunia kapan pun juga. Internet tidak hanya menyajikan informasi dan layanan yang beragam, tetapi juga cepat. Informasi di internet berubah dalam hitungan yang sangat cepat, bisa setiap detik. Jika ada ungkapan ‘dunia selebar daun kelor’ barangkali ada benarnya. Sebab, saat ini orang bisa mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dengan cepat.

1. World Wide Web (WWW) 
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. 

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. 

WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

Program browser paling popular digunakan, antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera dan Mozilla Firefox.


2. SEARCH ENGINE

Search engine adalah sebuah program yang mencari dokumen dengan kata kunci tertentu dan memberikan hasil berupa sekumpulan dokumen dimana kata kunci ditemukan, search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis 

Fungsi dan manfaat search engine
search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah: 

  • Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. Dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. 
  • Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari. 
  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri. 
  • Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi di internet. 
  • Membantu mencari artikel atau gambar 
  • Mencari alamat website atau software atau web untuk di-download 
  • Mempermudah pengguna dalam mencari produk yang ada di situs perusahaan 

Beberapa search engine yang terkenal saat ini diantaranya adalah: 
  •  Google 
  •  Yahoo 
  •  Bing 
  •  Ask 
  •  Windows Live 
  •  MSN 
  •  Altavista 
Lawrence Edward "Larry" Page (lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973; umur 40 tahun) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google bersama Sergey Brin. Sejak 4 April 2011, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer/CEO di Google Inc. menggantikan Eric Schmidt. 
Larry Page dilahirkan di Lansing, Michigan, ayahnya Carl Page dan ibunya, Gloria, adalah seorang profesor Ph.D. di bidang Komputer Sains di Michigan State University. Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan seorang lulusan Master dari Universitas Standford. Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine). Bersama mereka menjalankan mesin pencari Google, yang mulai beroperasi pada 1998. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link - link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Page masih tetap on leave dari program Ph.D. Ketika di universitas, dia membuat mesin cetak inkjet dari potongan-potongan balok Lego. Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt. Menurut Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar AS$12,8 milyar, membuatnya orang nomor 27 terkaya di dunia (satu tempat di belakang pendiri lain Google, Sergey Brin). Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767, untuk penggunaan pribadi mereka. 

3.Electronic Mail 

E-mail adalah layanan yang tidak lebih dari sebuah pesan teks yang diketikkan lewat keyboard. Setelah selesai diketik, pesan dikirim ke pemakai lain. Sama halnya dengan surat pos biasa, e-mail membutuhkan alamat yang jelas agar sampai di tempat tujuan. Namun, e-mail memiliki beberapa kelebihan berikut disbanding surat pos biasa. 
1. Pengiriman yang cepat 
2. Biaya murah
3. Mendukung isi multimedia 
4. Kenyamanan karena tidak terbatas ruang dan waktu 
5. Relative lebih aman 

Selain itu e-mail juga memiliki kekurangan yaitu:
  •  Kesalahan penulisan alamat tujuan, maka email tidak sampai tujuan.
  •  Email di kirim sering gagal apabila, lalulintas internet padat dan koneksi lambat
  •  Kotak surat tujuan penuh, maka email yang datang akan terhapus
  • Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
  • Rawan Penyadapan, jika password yg diketahui oleh orang lain.

Banyak situs internet yang menyediakan layanan e-mail gratis, antara lain:
  •  Yahoo!
  •  Mail
  •  Gmail
  •  Hotmail
  •  Eudoramail


4.CHATTING 

Chatting adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan seseorang yang telah dalam server IRC (Internet Relay Chat). IRC adalah suatu bentuk komunikasi langsung melalui internet. Chatting dibagi menjadi 2 macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh chatting berbasiskan teks adalah Mirc, Yahoo! Messenger, dan ICQ. Adapun chatting berbasiskan suara dapat disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Cara kerja VoIP adalah mengubah suara yang berupa sinyal audio analog menjadi data digital sehingga dapat dikirimkan melalui jaringan internet. Keuntungan VoIP adalh biaya yang dikeluarkan untuk melakukan panggilan jarak jauh menjadi murah. Beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk melakukan VoIP adalah Skype, Yahoo! Messenger with Voice dan Google Talk. 

Cara chatting menggunakan Yahoo! Messenger dapat dilakukan dengan cara berikut. 
  1. Jalankan Yahoo! Messenger 
  2. Klik menu Log In 
  3. Masukan Yahoo! ID dan password kamu 
  4. Klik Chat maka akan tampil Join Room dan kamu dapa memilih room mana yang kamu inginkan 
  5. Setelah memilih salah satu room maka kamu dapat mengirimkan private message kepada satu atau beberapa ID yang tertera dengan cara klik ganda ID tersebut 


5. MAILING LIST

Mailing lisi atau juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator. Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari miling list diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Efektif dan efisien untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus terutama anggota dengan isi berita yang sama misalnya agenda pertemuan, promosi produk, undangan penikahan dan sebagainya.
  • Fleksibel karena email dapat dikirim, diterima, atau dibaca kapan saja dan dimana saja.
  • Sebagai ajang diskusi terhadap orang-orang yang mempunyai minat yang sama.
  • Untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik, misalnya untuk memantau informasi harga produk dari suatu perusahaan.
  • Mengirim dan Menerima kartu ucapan. 

Selain itu milis juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut: 
  • Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inboxe-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas.Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting. 
  • Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci. 
  • Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut. 

CARA MEMBUAT MILIS MAILING LIST DI YAHOO GROUPS:
Anda harus memiliki email Yahoo terlebih dahulu. Kalau belum,daftar email Yahoo dulu setelah itu ikuti langkah dibawah ini
  1. Masuk/login ke akun email Yahoo anda di mail.yahoo.com
  2. Kunjungi groups.yahoo.com -> klik Start your group (kanan atas)
  3. Di "Browse Group Categories" -> Pilih kategori. Contoh, pilih Regional -> Countries -> Indonesia
  4. Klik "Place My Group Here"
  5. Group Name -> Beri nama. Contoh, FKIP UNIGAL CIAMIS
  6. Enter Your Group Email Address -> buat alamat email group (bukan email Yahoo Anda). Harus sambung semua. Nantinya, alamatnya akan seperti ini: contoh@yahoogroups.com. Contoh, fkip-galuh
  7. Describe Your Group -> beri deskripsi group Anda.
  8. Klik Continue (bawah kanan) 
  9. Pilih email Yahoo! yang akan menjadi owner group -> isi verifikasi kata -> klik Continue (bawah kanan).
  10. Ada pesan Congratulations! Berarti proses membuat group selesai.

CARA MEMBUAT MILIS MAILING LIST DI GOOGLE GROUPS
Google Group tidak sepopuler Yahoo Groups. Maklum, Google Group memang dibuat belakangan dibanding Yahoo Groups. Untuk membuat milis di Google Groups, Anda harus memiliki email Gmail terlebih dahulu. Kalau belum, daftar email Google Gmail dulu, setelah itu ikuti langkah dibawah ini
  1. Masuk/login ke akun email Gmail anda di gmail.com 
  2. Kunjungi groups.google.com -> klik Create ->
  3. Name your group -> isi nama group. Contoh, FKIP UNIGAL CIAMIS
  4. Create a group email address -> buat nama email group. Contoh fkipunigal (harus sambung semua).
  5. Write a group description -> tulis deskripsi grup yang akan dibuat. Contoh, Forum komunikasi antara mahasiswa FKIP UNIGAL CIAMIS .
  6. Klik Create My Group (bawah) -> isi verifikasi kata.
  7. Klik Create my group.
  8. Anda disuruh meng-invite member -> klik Skip this step
  9. Selesai.
  10. Sekarang Anda dapat menyetel/settings group yang baru dibuat. Apakah akan dibikin terbuka, tertutup atau semi-tertutup, dst.

6. E-commerce 

E-commerce adalah kegiatan transaksi perdagangan secara online melalui media internet. 
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.

Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
  1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
  2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  3. Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
  4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
  5. Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
  6. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  7. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  8. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  9. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
  • Pembelian buku melalui online.
  • Pembelian elektronik melalui online.
  • Pembelian kendaraan melalui online.
  • Pembelian pakaian melalui online, dll.

Dampak Positif dan Negatif E-Commerce.
Didalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negativenya.

Dampak positifnya, yaitu :
  • Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional(operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Meningkatkan supplier management.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Dampak negativenya, yaitu :
  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

0 komentar:

Posting Komentar